Kamis, 04 Desember 2014

PERKEMBANGAN EMOSI ANAK

PERKEMBANGAN EMOSI

  1. PENGERTIAN EMOSI
 Emosi adalah suatu keadaan yang kompleks dari organisme yang menyangkut perubahan jasmani yang luas sifatnya (drever, 1986). Istilah emosi menurut Daniel Goleman (1995), seorang pakar kecerdasan emosional, yang diambil dari Oxford English Dictionary memaknai emosi sebagai setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis, dan serangkaian kecendrungan untuk bertindak.

Menurut Chaplin (1989) dalam Dictionary of psychology, emosi adalah sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organisme mencakup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku. Chaplin (1989) membedakan emosi dengan perasaan, parasaan (feelings) adalah pengalaman disadari yang diaktifkan baik oleh perangsang eksternal maupun oleh bermacam-macam keadaan jasmaniah.

Menurut Crow & Crow (1958), emosi adalah "an emotion, is an affective experience that accompanies generalized inner adjustment and mental and physiological stirredup states in the individual, and that shows it self in his evert behaviour". Jadi, emosi adalah warna afektif yang kuat dan ditandai oleh perubahan-perubahan fisik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa emosi adalah suatu respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus.

  1. CIRI-CIRI EMOSI ANAK USIA DINI
Ciri-ciri umum emosi dari anak usia dini adalah sebagai berikut :
v  emosi yang kuat misalnya anak kecil bereaksi dengan intensitas yang sama, baik terhadap situasi yang remeh maupun yang serius.
v  Emosi sering kali tampak misalnya anak seringkali memperlihatkan peningkatan emosi, ledakan emosional ini menimbulkan punishment untuk anak. Sehingga mereka perlu menyesuaikan dengan situasi yang dapat membangkitkan emosi mereka.
v  Emosi bersifat sementara yaitu peralihan emosi pada anak-anak. Misalnya anak yang sedang menangis tiba-tiba tertawa karena melihat atraksi badut.
v  Emosi berubah kekuatannya. Perubahan kekuatan emosi disebabkan oleh perkembangan intelektual, perubahan minat dengan nilai.

Pola emosi  yang umum pada anak-anak adalah
a.       rasa takut
rangsangan takut bayi biasanya berupa suara keras, binatang,tempat gelap, rasa sakit dan sebagainya. Anak kecil lebih takut pada benda-benda dibandingkan dengan bayi. Alasannya anak kecil lebih mampu mengenal bahaya dibandingkan dengan bayi.
b.      rasa marah
Rasa marah sering diekspresikan oleh anak-anak daripada rasa takut. Alasannya karena anak-anak mengetahui bahwa kemarahan adalah cara untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.
c.       rasa cemburu
rasa cemburu adalah reaksi yang normal terhadap kehilangan rasa kasih sayang dari orang-orang disekeliling anak tersebut. Pola rasa cemburu dikombinasikan dengan rasa takut dan amarah.
d.      rasa gembira
kegembiraan adalah emosi yang menyenangkan. Anak merasa gembira mengekspresikannya dengan tertawa riang, bertepuk tangan atau berlompat-lompat

  1. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI

Faktor - Faktor yang mempengaruhi Emosi yang menyebabkan emosi itu berkembang pada diri seseorang.

a.             Pola asuh Orang tua
Pola asuh orang tua sangat bervariasi. Ada pola asuh yang otoriter, memanjakan, acuh tak acuh dan ada juga yang penuh dengan cinta kasih.

b.            Pengalaman Traumatik
Kejadian masa lalu yang memberikan kesannya traumatis akan mempengaruhi perkembangan emosi seseorang. Akibatnya rasa takut dan juga sikap terlalu waspada terhadap lingkungan seumur hidupnya
  
c.             Tempramen
Tempramen adalah suasana hati yang mencirikan kehidupan emosional seseorang. Tempramen adalah bawaan sejak lahir dan merupakan bagian dari genetik yang mempunyai kekuatan hebat dalam kehidupan manusia.

d.            Jenis Kelamin
Secara otomatis perbedaan emosional antara Pria dan Wanita berbeda.

e.             Usia
Kematangan emosi dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan dan kematangan fisiologis seseorang. Semakin bertambah usia, kadar hormonal seseorang menurun sehingga mengakibatkan penurunan pengaruh emosional seseorang.

f.             Perubahan Jasmani
Perubahan Jasmani yaitu perubahan hormon-hormon yang mulai berfungsi sesuai dengan jenis kelaminnya masing-masing, misalnya perubahan kulit wajah yang awalnya bersih menjadi jerawatan.

g.            Perubahan Interaksi dengan Teman sebaya
Di usia remaja, anak didik kebanyakan membentuk sebuah perkumpulan yang biasa disebut Genk. Faktor yang sering menimbulkan masalah emosi ialah faktor hubungan cinta dengan teman lawan jenis.

h.            Perubahan Pandangan Luar
Perubahan Pandangan Luar dapat menimbulkan konflik dalam emosi seseorang, contoh :
Tidak konsistennya sikap dunia luar terhadap pribadi anak. Membeda-bedakan wanita dan pria Dunia luar memanfaatkan kondisi ketidaklabilan seseorang untuk pengaruh yang negatif
i.              Perubahan Interaksi dengan Sekolah
Sering kali seorang anak lebih percaya, lebih patuh, lebih takut kepada guru daripada kepada orangtuanya.


4.  
USAHA GURU UNTUK MENGENBANGKAN EMOSI POSITIF ANAK USIA DINI

Emosi negatif pada dasarnya dapat diredam sehingga tidak menimbulkan efek negatif. Beberapa cara untuk meredam emosi adalah :
a)      Berfikir positif dalam arti mencoba melihat sesuatu peristiwa atau kejadian dari sisi positifnya.
b)      Mencoba belajar memahaimi karakteristik orang lain. Memahami bahwa orang lain memang berbeda dan tidak dapat memaksakan orang lain berbuat sesuai dengan keinginan sendiri.
c)      Mencoba menghargai pendapat dan kelebihan orang lain.
h. Introspeksi dan mencoba melihat apabila kejadian yang sama terjadi pada diri sendiri, mereka dapat merasakannya.
d)     Bersabar dan menjadi pemaaf.
e)      Alihkan perhatian, yaitu mencoba mengalihkan perhatian pada objek lain dari objek yang pada mulanya memicu pemunculan emosi negatif.
Oleh sebab itu untuk membantu mengembangkan emosi positif dalam diri siswa / anak baik orang tua maupun guru hendaknya melaksanakan hal-hal sebagai berikut :
a)      Orang tua dan guru serta orang dewasa lainnya dalam lingkungan anak (significant person) hendaknya dapat menjadi model dalam mengekspresikan emosi-emosi negatif, sehinngga tampilannya tidak meledak-ledak.
b)      Adanya program latihan beremosi baik di sekolah maupun di dalam keluarga, misalnya dalam merespon dan menyikapi sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.
c)      Mempelajari dan mendiskusikan secara mendalam kondisi-kondisi yang cenderung menimbulkan emosi negatif, dan upaya-upaya menanggapinya secara lebih baik.
d)     Membantu remaja mengatasi berbagai masalah pribadi dengan mendorong mereka untuk mengungkapkan masalah pribadinya itu kepada orang yang dipercayainya.
e)      Melatih dan menyibukkan remaja dengan berbagai kegiatan fisik yang menguras banyak energi sehingga gejolak emosi mereka dapat disalurkan.
f)       Menciptakan berbagai kesempatan yang memungkinkan remaja berprestasi dan mendapatkan harga diri.

DAFTAR RUJUKAN


  • Tim Pembina Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang : UNP
  • Elida Prayitno. 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang : Angkasa Raya

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699

    BalasHapus