Kamis, 04 Desember 2014

PERTUMBUHAN FISIK ANAK USIA DINI

Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini

Pertumbuhan fisik adalah suatu proses perubahan fisiologis yang bersifat progresif dan kontiniu dan berlangsung dalam periode tertentu. Perubahan ini bersifat kuantitatif dan berkisar hanya pada aspek-aspek fisik individu. Secara terminologis pertumbuhan fisik atau pertumbuhan dapat bermakna perubahan pada aspek-aspek fisiologis.
Pertumbuhan meliputi perubahan progresif yang bersifat internal eksternal. Perubahan internal meliputi perubahan ukuran alat pencernaan makanan, bertambahnya ukuran besar dan berat jantung serta paru-paru, bertambah sempurnanya sistem kelenjar endoktrin/kelamin, dan berbagai jaringan tubuh. Adapun perubahan eksternal meliputi bertambahnya tinggi badan, bertambahnya lingkar tubuh, perbandingan ukuran panjang dan lebar tubuh, ukuran besarnya organ seks, dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder.

Ciri-ciri Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini
Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan ini berkembang sejalan dengn kematangan saraf dan otot anak. Sehingga, setiap gerakan sesederhana apapun, adalah merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan system dalam tubuh yang dikontrol oleh otak. Dan patut diingat, perkembangan setiap anak tidak bisa sama, tergantung proses kematangan masing-masing anak.
Perkembangan fisik motorik pada anak dapat ditandai dari pertumbuhan fisiknya yang meliputi peningkatan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan tonus otot. Pertumbuhan fisik anak perlu dicermati. Sebab, kurang optimalnya pertumbuhan fisik dapat menjadi pertanda ada sesuatu pada diri anak.


Perkembangan motorik adalah perkembangan saraf motorik kasar dan halus anak. Motorik kasar merupakan gerakan fisik yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh, dengan menggunakan otot-otot besar, sebagian atau seluruh anggota tubuh. Contohnya, berjalan, berlari, berlompat, dan sebagainya. Sedangkan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin. Seperti, bermain puzzle, dan sebagainya.
Pengaruh Pertumbuhan Fisik Terhadap Tingkah Laku
Pertumbuhan fisik mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku. Pertumbuhan fisik pada gilirannya akan membawa sampai pada suatu kondisi jasmaniah yang siap untuk melaksanakan tugas perkembangan secara lebih memadai yaitu kesiapan individu untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan pada periode berikutnya dan kemudian terjadilah perubahan tingkah laku progresif yang semakin sempurna. Pertumbuhan pada otak yang semakin sempurna menyebabkan susunan syaraf semakin lebih kompleks dn sistem syaraf menjadi lebih sempurna sehingga kemampuan berfikir menjadi lebih tinggi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Fisik
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik diantaranya :
  1. Faktor internal
Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam individu. Faktor-faktor internal antara lain :
    1. Sifat jasmaniah yang diwariskan dari orang tuanya. Misalnya, anak yang ayah dan ibunya bertubuh tinggi cenderung lebih cepat menjadi tinggi daripada anak yang berasal dari orang tua yang bertubuh pendek.
    2. Kematangan. Secara sepintas , pertumbuhan fisik seolah-olah seperti sudah direncanakan oleh faktor kematangan. Meskipun anakitu sudah diberi makanan yang bergizi, tetapi kalau kematangannya belum sampai, pertumbuhan itu tetap seperti ditangguhkan.
  1. Faktor eksternal.
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri individu. Termasuk ke dalam faktor eksternal adalah :
  1. Kesehatan. Anak yang sering sakit pertumbuhan fisiknya akan terhambat, begitu juga sebaliknya.
  2. Makanan. Akan yang kurang gizi pertumbuhannya akan terhambat.
  3. Stimulasi lingkungan. Individu yang sering dilatih untuk meningkatkan percepatan pertumbuhannya akan berbeda dengan yang tidak pernah mndapat latihan.


Usaha Guru Untuk Membantu Mengatasi Permasalahan Siswa Berkaitan Dengan Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini

Pertumbuhan fisik dapat dibantu dengan berbagai usaha atau stimulasi secara sistematis, antara lain:
1.      Menjaga kesehatan badan.
Guru mengajarkan kepada siswa tentang kebiasaan hidup sehat, bersih dan olahraga teratur. Dimana dengan menjaga kesehatan badan akan membantu siswa dalam hal kesehatan. karena kesehatan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik.
2.      Memberi makanan yang baik.
Baik buruknya makanan yang dikonsumsi oleh siswa menentukan pula kecepatan pertumbuhan fisik karena zat-zat pembangun yang terdapat di dalam makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan fisik.
Implikasinya bagi pendidikan adalah perlunya memperhatikan faktor-faktor berikut ini :
a.       Sarana dan prasarana.
Faktor sarana dan prasarana jangan sampai menimbulkan gangguan kesehatan pada anak, misalnya tempat duduk yang kurang sesuai, ruangan yang terlalu gelap dan sempit akan menimbulkan gangguan kesehatan. Penyelenggaraan pendidikan modern menghendaki agar tempat duduk anak dan meja dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, ruangan kelas yang bersih, terang dan cukup luas, serta disiplin yan tidak kaku.
b.      Waktu istirahat.
Biorama berarti kemampuan anak untuk berkonsentrasi akan sangat dipengaruhi oleh irama stamina biologis pada anak itu sendiri, maka istirahat dalam belajar sangat penting guna menjaga konsentrasi dan menyerap isi yang terkandung dalam materi pelajaran.
c.       Memberikan jam-jam olahraga bagi siswa.

Pelajaran olahraga sngat penting bagi pertumbuhan fisik anak karena dengan olahraga yang dijadwalkan secara teratur oleh sekolah berarti pertumbuhan fisik anak akan memperoleh stimulasi yang teratur pula.

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699

    BalasHapus